Survey: 98 % Pencari Properti Pentingkan Lokasi

Sebesar 98 % pengguna properti di Indonesia menempatkan lokasi menjadi faktor penting dalam pemilihan hunian dibandingkan biaya serta keamanan. Hal ini menurut survey Rumah.com.

“Dengan kemajuan technology serta perkembangan media sosial, adanya aksi kriminal di beragam daerah di Indonesia bisa tersebar dengan cepat. Kalau aksi kriminal sering sekali terjadi di daerah tertentu, maka hal ini dapat membuat calon pelanggan akan mengurungkan niatnya untuk bisa membeli properti di daerah itu,” terang Country Manager Rumah.com. Wasudewan di dalam keterangan tertulis yang di terima di Jakarta, Hari selasa (14/2).

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2016 adalah survey tahunan yang di lakukan oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuits Research, Singapura, dengan total sekitar 1.030 responden. Survey ini berlangsung selama November-Desember 2016.

Survey ini pun juga mengungkapkan bahwa sebesar 87 % pencari properti menganggap keamanan kawasan menjadi faktor penting kedua, setelah lokasi. Walau demikian, Wasudewan menambahkan, pemerintah wilayah serta kepolisian di beragam daerah di Indonesia pun juga berusaha keras untuk bisa menekan angka kriminalitas di areanya.

Menjadi contoh merupakan daerah Depok. Walau laporan aksi kriminalitas sepanjang tahun 2016 meninggi dibanding tahun sebelumnya, Polresta Depok segera merespond dengan mengeluarkan app Panic Button serta Halo Polisi yang beroperasi di ponsel pintar berlokasi Android. Taktik yang di lakukan Polresta Depok ini tentu dapat menambah keyakinan rakyat terhadap keamanan di daerah itu.

“Dengan keunggulan yang lain, seperti aksess menuju transportasi public yang memadai dan infrastruktur yang terus berkembang, Depok seringkali berada dalam 10 Lokasi Favorite Pencari Properti di Rumah.com di sepanjang tahun lalu,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *