Kanker Kolorektal Makin Banyak Serang Anak Muda

Kanker kolorektal yakni jenis kanker yang tumbuh pada saat usus besar (kolon) ataupun rektum. Masalah ini sekarang semakin banyak di temukan pada anak muda, dibawah 50 tahun, sekitar 11 % sepanjang 2004-2011.

Americans Cancer Society (ACS) mendata ada 135 ribu masalah kanker kolorektal pada 2016. 1 dari 7 penderita berusia dibawah 50 tahun. Peneliti dari MD Anderson Cancer Center memperkirakan kasusnya melambung 9 % pada anak muda berusia 20-34 tahun sampai 2030. “Afro-Amerika berusia dibawah 50 tahun berisiko 2 kali lebih mungkin menderita kanker ini daripada orang kulit putih,” jelas Direktur Pengendalian penyakit Kanker di ACS, Durado Brooks, dikutip dari Website MD.

Penderita kanker kolorektal stadium 3 di usia 30-an lebih dapat menoleransi pengobatan yang agresif daripada penderita berusia 80-an. Peneliti yang sejauh ini belum mengetahui penyebab kanker kolorektal melambung di kalangan anak muda kelahiran 1990-an.

Sepertiga dari masalah ini dapat dikaitkan dengan kondisi genetik ataupun riwayat anggota keluarga yang tertimpa penyakit ini. Spesialis bedah kanker, Yi-Qian Nancy berkata dia tidak tahu apakah penyebabkan yakni diet ketat, kurang berolah raga, ataupun faktor yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *